[Sharing] Join Jadi Agen Properti? Ini kisah saya…

Standard

Hai all

disini saya mau cerita awal mula-nya saya join sebagai agen properti di Brighton Tanjung Duren

Ceritanya begini…

Tahun lalu, tepatnya bulan Februari 2019, saya mampir ke kantor property yang namanya Brighton yang lokasinya di Tanjung Duren. Saya pergi ke sana sama suami saya..

Saya ke sana bukan mau mendaftar sebagai agen properti, tapi kami mau menitipkan unit kami yang ada di neo soho untuk dipasarkan oleh David (teman lama kami) yang udah lama sekali ga ketemu

Sebelum titip ke David, saya titip juga ke teman lain di Raywhite Mediterania Garden 1 Tanjung Duren. Maksudnya sih biar cepat tersewa maka saya akan titip ke beberapa teman yang saya kenal dan saya tau jualannya bagus

Nah, waktu itu kita ke Brighton mau ketemu David, setelah lebih dari 10th kali ya gak ketemu dia. Dulu kenal David waktu sama-sama belajar Internet Marketing di seminar Global Internet Summitnya Tung Desem Waringin tahun 2006, lalu kami bikin mastermind bareng, kayaknya berjalan sampe tahun 2007 apa 2008 doang deh, lalu sejak itu bubar dan jalan masing-masing, mungkin karena waktu itu internet belum terlalu booming juga kan jadi kita juga agak kesulitan untuk ngembanginnya…

Nah, saya pilih David untuk bantu memasarkan unit kami, karena beberapa kali kalo pas pulang dari Central Park, kita suka lihat muka si David di pajang di depan kantornya tuh… sebagai Top 3 Sales di Brighton Tanjung Duren jadi suami saya pikir bagus nih kalo kita titip David biar cepet laku πŸ™‚

Nah, sampe sana ketemu David, ngobrol-ngobrol dulu karna emang udah lama sekali gak ketemu. Trus kita selipin omongan iseng “Vid, lu udah jago ya sekarang di property? udah lama sih yah… mau gak kalo kita buka kantor property bareng yuk?”

Jadi ceritanya kita ber2 mau membajak si David untuk buka kantor property :D, karena David udah pengalaman banyak dan udah pernah ikut bbrp brand kantor property yang besar2 dan hasilnya bagus…

Kita heran, soalnya David orangnya diem… terkesan ga banyak ngomong tapi koq ternyata pinter jualan????

Trus si David dengan kalemnya (emang gitu sih gayanya) bilang bahwa dia udah nyaman di Brighton, dia udah pernah ikut beberapa brand luar tapi dia merasa di Brighton ini dia paling nyaman dan cocok. Selain karena support system-nya yang menerapkan One Management System, trus aplikasi yang memudahkan agent, juga suasana kerja yang sangat baik dan kekeluargaan.. jadi dia bilang dia masih tetep mau stay dan berkarya dulu di Brighton, belum ada kepikiran untuk bikin kantor property sendiri sih… gitu dia bilang waktu itu

Trus dia tanya “lu mau buka kantor property?”
saya bilang “iya, suami saya kepikiran kepengen punya kantor property sendiri sih dari dulu, cuma kita ber2 kan ga ada yang ngerti jadi mau ajak yang ngerti untuk kerjasama bagi hasil”

Nah trus David bilang “kalo lu mau buka kantor property sendiri, saran gw sih sebaiknya lu belajar dulu… jadi lu paham sama bisnis yang lu berdua jalanin… jangan serahin gitu aja ke orang, karena namanya orang bisa aja lu ntar di tipu, nah kalo lu sendiri ngga ngerti ya bisa rugi”

Trus dia langsung bilang lagi “lu belajar dulu aja disini, join jadi agent Brighton”…

Ngomongnya sih datar banget… tapi entah kenapa sulit untuk menolaknya :D.

trus dia langsung ambilin form pendaftaran agent baru dan nyuru saya isi.

Saya kaget “hah?? isi sekarang??”

Dia bilang “ya isi aja dulu gpp sih… sambil lu baca-baca dulu formnya”

Saya blg “gw awam sekali loh soal property, gak ngerti apapun! ketertarikan untuk jadi agentpun gak punya”

Dia bilang, gpp nanti gw ajarin, di Brighton ada yang namanya Advisor Leader, jadi tiap orang yang join akan dibimbing oleh seorang AL.

Ah ya sudahlah karena si David ngomongnya datar dan gak maksa, koq ya jadi susah untuk nolak hahaha…

Akhirnya saya daftar deh, tapi waktu itu saya juga ga langsung mau disuruh transfer, lah wong emang blon ada niat koq untuk jadi agen… dan sejak dulu saya punya pemikiran bahwa saya itu gak bisa jualan jadi akhirnya saya bilang, gw kabarin luΒ  seminggu lagi deh. Tentang gak bisa jualan saya juga punya cerita sendiri.. nanti akan saya tulis juga di blog ini, so stay tune ya, follow aja nih blog saya πŸ™‚

David nanya sih, emang apa sih keberatan lu? kenapa harus nunggu seminggu baru bisa memutuskan?

Saya bilang “ya soalnya gw emang ga kepikiran mau jadi agent sih :D”

Lalu saya pulang dan ga langsung bayar tuh…

Tapi setelah mikir selama seminggu, akhirnya saya memutuskan untuk beneran join dan transfer biaya investasinya biar bisa ikut trainingnya πŸ™‚

Setelah join dan setelah ikut training apakah saya langsung menjalankannya?

Jawabannya TIDAK

bukan karena gak di bimbing…

bukan juga karena saya ga mau datang ke kantor untuk ikut weekly meeting

David selaku AL saya rutin membimbing dan menanyakan progress, dia juga memberi arahan-arahan kepada saya, namun karena niat dari diri saya sendiri yang belum 100% kepengen jadi agen properti lah yang menghambat langkah saya untuk action secara serius

Alhasil 4-5 bulan pertama, saya mood-mood-an dan hampir2 mau mundur rasanya.. karena emang hatinya ga di sana, jadi ngejalaninnya juga separo hati, kalo ke kantorpun lebih ke arah gak enak hati, takut di tanyain AL πŸ˜€

Namun sejak bulan Juli akhir saya mulai menaruh hati saya di pekerjaan ini, dan setelah saya benar-benar menjalankannya dengan hati, hasilnya sungguh luar biasa

Kerja keras memang tidak pernah akan mengkhianati hasil

Di bulan November 2019, pertama kalinya dalam sejarah muka saya terpampang di depan kantor Brighton Tanjung Duren sebagai Top 3 Producer… bangga dan senangnya luar biasa πŸ™‚

Akhirnya saya bisa juga kaya si David, fotonya terpampang di pinggir jalan πŸ˜€

Trus yang ga disangka lagi adalah di bulan Desember 2019, Principal Brighton Tanjung Duren menawarkan kepada saya untuk menjadi Leader (seperti David), karena katanya secara nilai penjualan yang saya lakukan saya sudah memenuhi target sebagai Leader di Brighton namun ada beberapa aspek lain yang saya belum achieve, namun saya di tawarkan apakah mau ambil kesempatan itu?

Karena dengan menjadi Leader maka kita bisa punya pasif income, yang kita dapatkan dari penjualan yang dilakukan oleh tim di bawah kita. Namun kita juga diminta untuk membimbing tim, jadi win win kan..

Awalnya sempat kaget juga, karena merasa terlalu cepat, saya aja waktu itu ke kantornya jarang-jarang koq :D, kalo udah jadi leader maka harus rajin ke kantor, karena leader kan harus nyontohin yang baik kan? πŸ˜€ trus saya juga ga yakin bisa serajin teman-teman leader lainnya… tapi principal saya bilang “kalo ci Della emang bener-bener kepengen jadi AL, pasti ci Della do whatever it takes dong? gak asal-asalan?… saya pikir2 bener juga sih πŸ˜€ jadi semua balik lagi ke diri saya sendiri

Akhirnya setelah berdiskusi dengan leader saya (David), dan atas arahan, saran dan petunjuk David dan para Principal, akhirnya saya ambil kesempatan itu πŸ™‚

dan ternyata semakin lama pekerjaan ini, apalagi setelah ngerasain dapat komisi dari jual rumah senilai 4M wah……….. menyenangkan deh rasanya πŸ˜€

saat ini berarti udah 15bulan saya jadi agen properti, dan sepertinya saya makin mencintai pekerjaan saya πŸ™‚

Mudah-mudahan ini adalah my last journey yah…

saya punya beberapa impian sih dari pekerjaan ini

semoga semua bisa tercapai

Aminnnnn

 

Jika ada yang mau didiskusikan saya welcome banget loh…

Silakan komen di postingan ini atau kontek saya di WA saya 0855.7535.999

atau DM ke ig saya di :Β https://www.instagram.com/brightonpropertyadvisor/

 

 

Leave a comment