[Sharing] Pengalaman Pertama Jualan Apartemen (Part.3 – Beres deh!)

Standard

Ini adalah lanjutan dari sharing saya tentang jual apartemen pertama kali, yang belum sempat baca part 1 dan 2, baca dulu yah disini : Part-1, Part-2

di bagian akhir Part-2 saya ada tulis bahwa pembeli merasa tidak puas/agak kecewa dengan unit saat serah terima. Serah terima di lakukan kurang lebih 2 bulan setelah dia DP. Koq lama amat? jawabannya ada di postingan-postingan sebelumnya :), makanya.. baca dulu yak hehehe

Lanjut yah..
Jadi ketika serah terima, pembeli alias pemilik baru tidak bisa hadir karena PSBB lagi ketat-ketatnya dan rumah dia di Jakarta Utara, jadi dia minta tolong saya saja yang mewakili dia di acara serah terima sekaligus cek unit dengan penjualnya

Pagi hari sebelum jam yang ditentukan untuk serah terima, penjual sudah WA saya bahwa dia akan membersihkan dan merapihkan unitnya sampai benar-benar cakep… dan benar saja, ketika saya datang, wahhh… unitnya jadi indah nian😍, awal waktu datang foto untuk bantu jualin unitnya banyak sekali barang, jadi difotonya kurang cantik.. nah ketika datang serah terima unitnya cakep banget, karena sudah tidak banyak barang dan semua tertata dengan rapi…

Kemudian kami lanjut proses serah terima, sambil pemiliknya menjelaskan beberapa hal antara lain, shower kamar mandi rusak, dan menurut beliau memang sudah sejak lama rusak, saat pembeli survey jg sudah rusak.. untuk knob listrik, pemilik dengan inisiatifnya sendiri mengganti semua knob listrik dengan yang baru… lalu pemilik juga meninggalkan beberapa foto hasil karyanya dan di pajang di ruang tamu dan di kamar. Bagus sih hasil jepretannya. Kebetulan pemilik lama memang seorang fotografer👍

Sudah beres serah terima dengan pemilik lama.. beberapa waktu kemudian baru deh pemilik baru bisa datang ke unit yang sudah menjadi miliknya. Setelah dia cek unit, ada beberapa point yang dia agak kecewa karena dia menyangka dia akan dapat namun ternyata gak dapat… trus beberapa ada yang kurang baik dia berharap baik… *untuk detilnya tidak bisa saya ceritakan disini yah… intinya sih jadi pelajaran juga untuk saya dan dia, bahwa ketika kita melakukan transaksi dan sudah suka dengan unitnya, perhatikan baik-baik dan seksama…. kalau tidak mau kecewa nantinya

Tidak 100% kekecewaannya salah penjual, karena relatif kan ya? ada orang yang oke dengan kondisi seperti yang dia lihat di awal, ada yang memang sampai detail banget… nah, jadi yang seperti itu memang relatif, namun jadi pelajaran buat saya juga, jika akan terjadi transaksi jual beli apartemen dengan kondisi full furnished maka saya tau saya harus lebih detail lagi untuk per item furniture yang di sertakannya
Sekali lagi saya bersyukur, pemilik dan pembeli unit 2-2nya sangat…sangat kooperatif… tidak ada gesekan yang berarti, semua berjalan baik-baik saja… thanks kliens! and thanks God😇

Namun “kerumitan” terjadi ketika penghitungan tagihan listrik dan air yang harus ditanggung oleh pemilik lama…

Secara simple waktu itu saya mikirnya, ya udah di prorate saja, berapa hari dia di unit ya sejumlah itu juga yang dia harus bayar dari total tagihan selama 1 bulan. Dan itu yang kita lakukan

Namun ternyata saya SALAH temansss…. karena pemakaian listrik dan air gak akan bisa di prorate kalau sebelumnya unit ada penghuninya.. kecuali unit kosong, maka perhitungan prorate berlaku karna tagihan hanya abodemen saja

Nah, kasus ini total tagihannya hampir 1juta dengan kondisi pemilik lama masih tinggal di sana selama 22hari. Jadi saya nagih pemilik lama hanya sebesar 22/30 x nilai tagihan listrik dan air sebulan

Begitu di hitung pemilik baru kaget, lah koq dia kan ga pake apa-apa, unit juga kosong kenapa harus bayar sampai hampir 300rb?
Saya jelaskan bahwa setiap unit apartemen pasti ada abodemennya Pak… si klien bilang iya dia juga tau pasti ada abodemennya tapi nilainya gak akan semahal itu hanya untuk 9 hari mah?
Bener juga ya…

Lalu saya buru-buru telpon teman saya (agent juga) yang sudah lama tinggal di Medit1 Tanjung Duren. Dia bilang katanya abodemen untuk listrik dan air jika unit kosong untuk tipe 2BR hanya 210rb, jadi kalau mau prorate dari 210rb aja, artinya kewajiban si pemilik baru hanya sekitar 50rb!

Trus teman saya itu tanya, lu udah lakukan cutt off belom ke pengelola saat serah terima unit? kalo di Medit jika ada pergantian pemilik maka harus lapor cutt off, sehingga pengelola bisa hitung secara exact, berapa kwh listrik dan air yang dipakai per cut off date-nya

Lah…….
saya gak tauuuuuu…
dan saya baru tau ketika sudah di jelaskan oleh teman saya itu

Akhirnya saya berinisiatif untuk menanggung selisihnya tadi, toh karena kesalahan ada di pihak saya juga selaku agentnya yang kurang menguasai administrasi apartemen di medit1 tanjung duren

Lalu saya jelaskan juga kepada kedua belah pihak dan urusan beres😊

Dari kejadian tersebut saya memang harus keluar uang, namun saya jadi belajar… dan setiap pelajaran pasti ada harganya kan? so I accept it and take it as my learning cost👌

Demikianlah sharing saya tentang pengalaman pertama saya jualan apartemen di Mediterania 1 Residences Tanjung Duren

Semoga tulisan ini bermanfaat yah

Jika ada pertanyaan atau ada yang mau didiskusikan silakan komen yah atau kontek saya di WA saya 0855.7535.999

atau DM ke ig saya di : https://www.instagram.com/brightonpropertyadvisor/

 

 

Leave a comment