Customer Trust

Standard

Tulisan ini adalah lanjutan dari postingan kemarin tentang Price War alias Perang Harga antar online shop (seller online). Yang belum baca postingannya, bisa lihat di sini : https://dellarosasite.wordpress.com/2016/01/31/perang-harga/

customer trust

Customer Trust alias Kepercayaan Pembeli

Kalo kamu udah baca postingan kemaren, di sana saya ada tulis bahwa ada beberapa buyer saya yang tetep beli ke saya padahal dia googling dan dapet harga lebih murah dari saya..mereka terang-terangan tanya, kenapa harga di olshop sana lebih murah di banding yang saya jual. Saya tau banget 1 kecurigaan mereka adalah barang palsu, karena saya sendiri juga kalo pas lagi mau belanja online, terus nemu olshop dengan harga yang jauh di bawah harga toko lain, ada sedikit kecurigaan, wah… jangan-jangan palsu…

Nah, mereka pasti kan tanya tuh… tapi jawaban saya gak pernah saya bilang “saya gak tau deh ya palsu atau gaknya, yang pasti sih barang saya asli” :D, egois banget gak sih??

Biasanya saya jawabnya “setau saya produk ini belum ada palsunya deh, karena belum lama launch-nya…”

Trus mereka akan tanya, kenapa di sana jauh lebih murah? saya akan jawab “ya mungkin mereka handcarry dari Amerika, maka-nya bisa lebih murah… kalau mau tau harga retailnya di Amerika nih liat aja ke website resmi kantor pusat (sambil saya berikan link toko online saya). Dari sana mereka akan tau sendiri apakah harga yang saya patok pantas/nggak…

Yang lucu ada 1 buyer yang menurut dia sih dia gaptek… dia tertarik instantly ageless karena di kasih tau temennya dan dia tertarik mau jualin. Lalu terjadi tawar menawar antara saya dan dia, dan seperti biasa saya selalu kasih harga seperti yang sudah-sudah….

Lalu si dia tanya “emang di luaran harganya berapa ci?”

Saya jawab “diluaran sih harganya variatif, ada yang 2x lipat harga saya ada juga yang lebih murah dari saya :)”

Dia tanya lagi “koq bisa begitu?”

Saya jawab seperti yang di atas tadi..

Dia tanya lagi : emangnya berapa duit mereka jualnya? dimana?

Saya dalem ati mikir “ya ampunn… masa saya kasih tau ampe detil sih?” :D, jadi saya jwb aja “kamu googling aja, ntar juga banyak tuh hasilnya… untuk harganya ntar kamu cek sendiri aja yah”

Dia balas “aku gaptek ci, ini aja aku di kasih tau temen nomor hp cici lagian aku sibuk urus baby, jadi jarang buka internet”

Trs sy cm balas “oh gitu… ya kalo kamu masih ragu sama harga saya, ada baiknya sih kamu sempetin googling dulu aja jangan pesan dulu ke saya, ok?”

Dia bilang ok…

2 hari kemudian, dia whatsapp lagi begini “ci… koq aku liat di xxxxxxx harganya Rp. xxxxxx yah? (lebih murah dari harga saya)

Saya jawab : iya, kan saya udah bilang harga variatif banget, terserah kamu sih kalo mau beli di sana juga gpp 🙂

Dia balas “tapi aku takut ci, aku ga pernah belanja online sama orang ga di kenal”

Saya : lah, kita jg baru kenal kan 😀

Dia ketawa trus bilang, aku takut kena tipu kalo belanja di olshop seperti tokopedia gitu

Saya : kamu gak usah khawatir, tokopedia mah aman banget, karena dana kamu masuk ke rekening tokopedia dulu, sampe kamu konfirmasi bahwa produk sudah kamu terima dengan baik

Dia : oh gitu ya ci

Saya : iya…

Percakapan berhenti sampe di situ

Sorenya, dia whatsapp lagi katanya “ci, aku mau pesen 1 box yah, tolong kirim hari ini, aku transfer sekarang yah”

Saya : loh, kamu yakin nih mau beli sama saya?

Dia : “iya ci, saya percaya sama cici, saya takut belanja ga jelas hehehe”

Saya : oh..ok.. thanks ya udah percaya saya 🙂

Mungkin dia merasa nyaman kali ya dengan jawaban-jawaban yang saya berikan, jadi walaupun harga saya lebih mahal dia tetep belinya ke saya 🙂

Itu baru 1 kasus, ada lagi yang lainnya, tapi ini yang paling menarik untuk di ceritakan 😀

Semoga tulisan saya ini bermanfaat 

Selamat sore…..

 

Jakarta, hari pertama di bulan Februari 2016 jam 18:41 (sesaat sebelum saya menutup laptop untuk masak hahaha)

Della Rosa

One thought on “Customer Trust

Leave a Reply

