Perang Harga

Standard

perang harga

Ternyata jualan online itu menarik juga yah..

Saya baru kali ini bener-bener mau jualan online (produk fisik), dulu2 pernah coba tapi dropship aja, karena saya gak mau nyetok barang, dan saya khawatir memikirkan persaingan harga di luaran sana. Jadi, untuk meminimalkan resiko, dulu saya cuma mau jualan tapi sistem dropship.

Buat yang belum tau dropship, saya jelasin dikit, intinya kaya makelar lah, kita cari supplier yang jual produk, trus kita bantuin jualin produk dia, kita ga perlu bayar apa pun, ketika ada yang beli kita pesan ke si supplier, ntar supplier yang kirim produknya ke buyer tapi atas nama kita, karena si buyer tau-nya kita yang jual.

Nah dari transaksi tersebut kita ambil selisih keuntungannya saja. Metode ini sangat cocok untuk pemula yang belum berani invest dana.

Sekitar tahun lalu, Jeunesse mengeluarkan produk terbarunya yang canggih banget…. semua orang terutama cewe-cewe kalo ngeliat video demo-nya langsung pada “wah…. mau donkkk”….

Karena produknya sakti banget!!!! di video tersebut di demo-kan seorang wanita paruh baya yang memiliki kantong mata besar, lalu di aplikasikan produk ini, hanya dalam waktu 2 menit kantong matanya kempesssss…pessss..peesss…. bagus banget hasilnya!

Dan bukan cuma di video demo Jeunesse, tapi juga ada di acara Rachel Ray di Amerika!  trus juga ada di website inside edition di Amerika. Detail mengenai produknya bisa di lihat di web saya : https://instantlyagelessindonesia.wordpress.com/

Waktu itu yang jual baru sedikit bangetttt…. trus kalo di googling, cuma ada 1 orang doang yang nongol. Saya pikir, kebetulan! Produk canggih begini pasti banyak yang penasaran, kalo penasaran orang kan pasti googling… jadi lah saya langsung buat websitenya dan juga saya jual di tokopedia, karena setau saya website tokopedia SEO-nya bagus banget, kalo cari produk apa gitu, pasti ada tokopedia di halaman depan.

Awal-awal karena belom terlalu kedengeran (belum terlalu terkenal) produk itu, yang beli masih temen-temen aja, jadi jualannya juga sedikit banget…. tapi gak lama kemudian, makin banyak yang tau tentang produk ini, karena member-member Jeunesse jg kan tau bahwa Jeunesse ada launch produk baru, jadi mereka mulai promosi di FB mereka atau juga dari mulut ke mulut. Oh iya yang promosi juga belum banyak, karena kan produknya waktu itu cuma ada di Amerika dan Canada, jadi yang pada promosi kayaknya sih yang punya akses USA-Indo gampang (misal, ada saudara/temen yang bisa di titipin untuk kirim ke Indo)

Sejak makin banyak yang promosiin mendadak saya laku kerasssss… karena orang waktu googling pastiiii ketemu website saya, hehehe.. sampe sekarang pun kalo kamu googling instantly ageless Indonesia pasti ketemu web saya 😉

Awal-awal jualan lancar jaya, saingan dikit, trus harga saya termasuk rasional (ngga nge-getok amat). Dengan berjalannya waktu di tokopedia makin banyak yang jual, dengan harga yang variatif, ada yang di bawah saya juga….makin lama, makin banyak lagi… di blibli juga ada, dan harganya bisa agak jauh di bawah harga saya.

Pertanyaannya : Apakah saya takut?

Jawaban saya : Ngga tuh…
soalnya udah berapa kali kejadian, buyer tanya-tanya… trus dia googling2 lagi eh ketemu yang harganya lebih murah dari saya, trus dia tanyakan ke saya, saya jawab sejujurnya, gak mengada-ngada, ngga nuduh palsu dll… tapi anehnya, mereka tetep beli ke saya 🙂

Jadi, setiap kali ada yang tanya2 harga trus bilang : koq di sana lebih murah? saya jawab aja seperti yang udah2, sejauh ini sih 90% yang tanya begitu tetep beli-nya ke saya hehehe

Inti-nya saya gak takut perang harga, asalkan kita bisa menjawab setiap pertanyaan mereka dengan jujur, bukan mengada-ada, buyer mah nyaman sama kita….

Yang saya sebel itu seller yang saat ini lagi beken baget di produk ini, dia cara bisnisnya gak sehat. Dia beken karena dia pasang iklan di facebook terus menerus… dan dia jual dengan harga 2x lipat harga saya. Semakin banyak yang ngiklan saya semakin bahagiaaaa… karena saya tau buyer jaman sekarang udah smart, mereka pasti googling dulu untuk cari perbandingan harga. Nah saat mereka googling udah pasti mereka akan ketemu web saya, hehehe

Yang saya gak suka dari si seller tadi adalah, ada beberapa statement dia yang memojokkan seller lainnya. Kalau saya ada di posisi buyer, saya memang bisa ikutan ragu… tapi kalau kita mau smart sedikit aja (ini jg saya pelajari dari para buyer saya sih), mereka bilang bahwa si seller itu gak pake nama asli, di BB dan WA cuma pake nama toko… lalu juga ada ada foto penjualnya, jadi cuma ada foto produk. Salah satu buyer saya bilang dia sih takut lah transaksi sama seller yang gak ketauan nama dan muka-nya :D… 

Dan satu lagi… buyer saya bilang, si seller itu kalau menjelaskan terlalu berlebihan, sedangkan saya menjelaskan apa adanya :), itulah sebabnya saya tidak pernah takut dengan seller2 yang begitu, karena para pembeli online jaman sekarang udah smart, dan punya hati nurani, hehehe….

Jadi, untuk Anda para pembaca yang juga adalah seller, jangan takut dengan perang harga selama Anda bisa mempertanggungjawabkan produk yang Anda jual dan selama Anda bisa membuat pembeli merasa nyaman bertransaksi dengan Anda 🙂

Selamat hari Minggu…

Have a nice weekend!

Jakarta, 31 Januari 2016
Della Rosa

One thought on “Perang Harga

Leave a Reply

